Share

Inspirasi Dekorasi Kamar Tidur Sederhana yang Praktis & Elegan

Bagas Pambudiantono • 29 Nov 2023

Dekorasi kamar tidur dengan gaya sederhana tidak hanya menawarkan kenyamanan, tetapi juga memberikan sentuhan pribadi yang unik. Dalam upaya menciptakan ruang tidur yang cantik tanpa kerumitan, beberapa ide dekorasi sederhana dapat menjadi inspirasi bagi kamu.

Dekorasi Kamar Cantik Anti Ribet

Salah satu kunci utamanya adalah bermain dengan warna, memanfaatkan lampu hias, dan memperhatikan dekorasi kecil yang memberikan kesan estetik. Berikut ini, akan membahas beberapa ide dekorasi kamar tidur sederhana yang tidak hanya memperindah ruangan namun juga menciptakan atmosfer yang nyaman. Yuk, simak!

  1. Bermain Dengan Warna

Tema Gurun

Bermain dengan Warna | Gambar: Homedit.com

Ketika ruangan sempit, salah satu cara memberikan sentuhan pribadi menggunakan dekorasi kamar tidur sederhana adalah melalui warna. Coba cek gambar berikut. Sentuhan warna biru di bed sheet dan bantal memberi kesan dingin. Sedangkan aspek kamarnya yang sempit tampak bersih dan lebih luas dengan tembok putih dan pagar kaca. 

Nilai plus yang unik adalah posisi dari kasur. Apa yang unik? Untuk menghindari kesan sempit, desainer meletakkan kasur tepat di depan jendela. Yang kemudian memberi tampilan kamar lebih luas. Pemilihan posisi, warna, dan lampu tanam memberi ilusi luas dan aman. 

  1. Lampu Hias Penambah Atmosfer

Lampu Hias Penambah Atmosfer

Lampu Hias Penambah Atmosfer | Gambar: Designcafe.com

Kalau takut dekorasi malah membuat kamar sempit, coba pakai lampu hias saja. Di contoh dekorasi kamar sederhana ini, lampu LED diletakkan tersembunyi di lipatan tembok. Lampu seperti ini cocok untuk memberi atmosfer hangat atau memenuhi konsep. Karena tidak memakan tempat, kamu juga bisa tambahkan dekorasi kamar tidur simple. 

Apa saja? Salah satu yang banyak diminati adalah dekorasi tanaman hias. Kamu bisa tambahkan tanaman jenis succulent kecil atau tanaman hias di pot besar. Desain ini tampak pas dengan pemilihan warna putih dan coklat, yang bisa memberi kesan hangat dan natural.   

  1. Dekorasi Kecil

Dekorasi Kecil

Dekorasi Kecil | Gambar: Pixabay.com

Hiasan dinding berukuran kecil bisa menjadi solusi keren untuk hiasan kamar tidur sederhana. Seperti contoh gambar ini. Figura foto ditata serapi mungkin di atas kasur. Selain memberi hiasan, dekorasi pigura tersebut juga mengarahkan perhatian ke arahnya. Alhasil, kamar tampak lebih estetik. 

Kalau masih merasa kurang, kamu juga bisa tambahkan dekorasi kecil lainnya. Seperti tanaman di setiap ujung, meja samping, karpet, dan cermin. Agar tampak serasi dekorasi kamar tidur sederhana ini harus punya tema atau konsep. Caranya? Pilih saja item yang punya warna atau gaya serupa.  

Baca Juga! Top 7 Desain Kamar Anak Minimalis dan Modern yang Nyaman dan Estetik

  1. Tema Gurun

Tema Gurun

Tema Gurun | Gambar: Pixabay.com

contoh dekorasi kamar sederhana bisa jadi inspirasi kalau kamu punya tema yang spesifik. Hampir seluruh aspek dekorasinya on point alias dibuat sedekat mungkin dengan tema. Yang pertama adalah elemen warna. Untuk menangkap tema gurun yang panas dan serba coklat maka pakai karpet, bahan kayu, dan tembok putih. 

Selain itu, item hiasan seperti tanaman pun dipilih sedemikian rupa. Seperti pohon kaktus berbagai ukuran dan pot berkesan barrel. Sebagai tambahan, hiasan dinding bergambar gurun pun jadi focal point di kamar tidur. Agar tidak tampak sumpek, pilih kombinasi warna putih untuk sprei dan selimutnya. Jadi bisa lebih nyaman. 

  1. Aksen Kayu Yang Tenang

Aksen Kayu Yang Tenang

Aksen Kayu yang Tenang | Gambar: Pixabay.com

Satu hal yang langsung menarik perhatian dari dekorasi kamar ini adalah penggunaan elemen kayu. Hampir semua furnitur memiliki elemen kayu, termasuk dengan bagian langit langit. Warna coklat menjadi elemen yang menyeimbangkan dan memberi kesan pada ruang dengan dominan warna putih. Jadi, kamu bisa lihat bagaimana kayu ini memberi aksen di kamar. 

Kendati demikian, kamu juga tidak bisa sembarangan menggunakan elemen kayu. Pastikan elemen kayu tersebut senada atau satu tema. Seperti warna kayu coklat muda yang digunakan sebagai material dipan, sofa, lemari, pot, dan lantai. Aksen serupa juga tampak di hiasan dinding plus warna abu dan putih yang tampak natural dan modern. 

  1. Headboard Custom Feminine

Headboard Custom Feminine

Headboard Custom Feminine | Gambar: Unsplash.com

Ingin dekorasi kamar tidur simple yang berkesan princess alias seperti kamar putri? Kamu nggak harus punya budget besar! coba saja cek ide dari gambar ini. Triknya ada di headboard atau sandaran kepala di kasur yang dibuat khusus. Kesan princess kelihatan dari penggunaan ukiran kayu bermotif bunga. 

Selain itu, kamu juga bisa tambahkan hiasan dinding dengan aksen bunga dan warna senada. Sebagai tambahan, meja samping dan lampu hias gantung plus dua lampu tidur pun bisa jadi aspek penghias. Agar desain semakin mantap, ada tambahan gorden motif bunga. Permainan motif dan warna soft ini paling pas untuk kamar tidur cewek!

  1. Sentuhan Warna Highlight

Sentuhan Warna Highlight

Sentuhan Warna Highlight | Gambar: Unsplash.com

Dari dekorasi kamar cewek yang serba warna terang, kamu juga bisa ciptakan warna maskulin pakai kombinasi warna gelap dan terang. Seperti pemilihan warna biru, hitam dan putih. Kombinasi klasik ini memberi kesan ruang yang adem dan juga tenang. Menariknya, dekorasi kamarnya sangat minimalis. 

Hanya ada hiasan dinding berupa gambar atau foto hitam putih. Sedangkan kamar didominasi warna putih dan aksen hitam pada lantai dan kayu dipan. Warna biru di sini jadi pusat perhatian dan penekanan. Cocok banget untuk memberi kesan unik dan khusus. 

  1. Motif Dan Warna Senada

Motif Dan Warna Senada

Motif dan Warna Senada | Gambar: Unsplash.com

Kalau kamar yang ini memang cocok buat pasangan yang sedang kasmaran atau bulan madu. Kesannya kalem dan romantis berkat perpaduan warna kayu, merah, oranye, dan estetika serupa lainnya. Sekilas, kamar ini tampak seperti tempat penginapan tepi pantai. 

Aspek dekorasi kamar tidur sederhana ini muncul di pemilihan warna dan motif. Kamu bisa lihat elemen kayu digunakan untuk atmosfer hangat. Sedangkan motif salur dan tradisional memberi elemen berarti. Tidak banyak dekorasi yang ditambahkan. Jadi kamar tampak luas dan nyaman untuk beristirahat. 

Dengan memadukan kreativitas dan fungsionalitas, dekorasi kamar tidur sederhana dapat menciptakan ruang pribadi yang memberikan kenyamanan maksimal. Sentuhan warna, penggunaan lampu hias, hingga pemilihan dekorasi kecil dapat mengubah tampilan kamar tidur menjadi lebih estetik tanpa harus ribet.

Apapun gaya yang kamu pilih, pastikan untuk mempertimbangkan elemen-elemen seperti tema, aksen kayu, atau headboard yang bagus. Dengan demikian, kamu bisa menciptakan kamar tidur sederhana yang tidak hanya indah, tetapi juga mencerminkan kepribadianmu. Berikan sentuhan pada furniture seperti lemari pakaian, tempat penyimpanan, kursi minimalist dan drawer dari Olymplast dengan desain minimalist dan estetik.

#Desain Kamar Tidur #Kamar 3x3 #Kamar Estetik #Kamar Minimalist
Artikel Terkait