Share

9 Ide Desain Kamar Tidur Minimalis Ukuran 3x3, Suasana Semakin Nyaman

Bagas Pambudiantono • 27 Mar 2024

Merancang kamar tidur dengan luas 3x3 meter bisa menjadi tantangan tersendiri, terutama untuk menciptakan ruang yang nyaman, fungsional, dan tetap estetis. Meskipun terbatas dalam ukuran, namun dengan pemilihan desain yang tepat, kamar tidur minimalis ini dapat diubah menjadi tempat istirahat yang menyenangkan dan memanjakan.

Inspirasi Keren Kamar Kecil Minimalis

Dari penggunaan perabotan multifungsi hingga pemanfaatan cahaya alami, setiap detail dalam desain dapat mengoptimalkan ruang yang tersedia dan menciptakan suasana yang mengundang rasa nyaman. Yuk, simak!

1. Kamar Kasur Besar

Desain Kamar Tidur Minimalis Ukuran 3x3 Kamar Kasur Besar
Desain Kamar Tidur Minimalis Ukuran 3x3 Kamar Kasur Besar | Gambar: Arsitag.com

Meski memiliki luas ruang yang terbatas, salah satu trik untuk membuat area kamar tampak luas adalah menggunakan perabotan besar. Seperti contohnya desain kamar tidur minimalis ukuran 3x3 berikut. Kasur yang besar mungkin terasa memenuhi area. Tapi karena fungsional maka akan memberi kesan yang lebih terfokus, yakni untuk istirahat.

Kamu bisa pilih kasur double bed atau queen size dan disesuaikan dengan ukuran atau perabotan kamar. Trik agar tidak tampak sesak adalah bermain warna dan perabotan lain. Hindari dekorasi berlebihan, pilih warna kalem seperti putih atau abu abu. Kemudian tambah furniture kaca dan meja kecil sederhana. Jadi tetap tampak nyaman di mata.

2. Kamar Multifungsi

Desain Kamar Tidur Minimalis Ukuran 3x3 Kamar Multifungsi | Gambar: Arsitag.com
Desain Kamar Tidur Minimalis Kamar Multifungsi | Gambar: Arsitag.com

Karena lokasi yang terbatas, maka tidak jarang digunakan perabotan multifungsi. Maksudnya adalah furnitur yang bisa digunakan untuk dua atau lebih fungsi. Contohnya adalah ranjang tidur dengan laci kabinet atau kasur sorong di bagian bawahnya. Jadi bisa menghemat tempat untuk penyimpanan.

Bisa juga menggunakan lemari tanam sehingga tidak terlalu menonjol di kamar. Penggunaan furnitur sederhana seperti meja belajar sekaligus nakas pun bisa jadi pilihan. Agar tampak lebih luas dan juga nyaman, kamu bisa sesuaikan gaya ruangan dengan bermain warna dan posisi. Kemudian rapikan kamar agar tidak tampak penuh karena tempat berantakan.

3. Kamar Minimalis Mewah

Desain Kamar Tidur Minimalis Ukuran 3x3 Kamar Minimalis Mewah | Gambar: Dzen.ru
Desain Kamar Tidur Minimalis Ukuran 3x3 Kamar Minimalis Mewah | Gambar: Dzen.ru

Desain kamar tidur minimalis ukuran 3x3 kecil tapi mewah, memang bisa? Bisa! Agar tampak mewah, kamu perlu bermain dengan warna. Umumnya warna mewah adalah cream atau putih dengan beberapa dekorasi sederhana dan warna emas atau hitam. Agar tercapai, kamu bisa coba gunakan wallpaper bermotif elegan.

Kemudian gunakan furniture minimalis dengan warna kalem. Contohnya nakas kecil, lampu tidur tempel tembok, dan lemari tanam dengan pintu cermin. Lemari tinggi dengan cermin akan membuat ruangan tampak lebih luas. Kuncinya adalah permainan warna dan pemilihan furnitur. Tidak harus banyak, tapi sesuai tema.

Baca Juga! 6 Jenis Furniture yang Wajib Ada di Kamar Tidur

4. Desain Natural Kayu

Desain Kamar Tidur Minimalis Ukuran 3x3 Desain Natural Kayu | Gambar: Freepik.com
Desain Kamar Tidur Minimalis Ukuran 3x3 Desain Natural Kayu | Gambar: Freepik.com

Kamar yang mungil bisa terasa sangat sesak dan membosankan. Karena itu, sentuhan bahan natural atau tema alam bisa membuat ruangan tampak lebih segar dan cerah. Contoh yang paling pas adalah menggunakan perabotan dengan warna kayu asli. Seperti ranjang, meja belajar, dan lemari yang memiliki tekstur seperti kayu.

Agar warna kayu tampak jelas, kamu bisa padukan dengan warna putih untuk furnitur atau temboknya. Jadi ruangan pun akan tampak lebih cerah. Desain kamar tidur minimalis ukuran 3x3 bakal tampil maksimal dengan cahaya natural. Tapi kamu juga bisa gunakan cahaya tidak langsung, tambahkan tanaman hijau, atau dekorasi yang sama temanya.

5. Dekorasi Headboard

Desain Kamar Tidur Minimalis Ukuran 3x3 Dekorasi Headboard | Gambar: Dzen.ru
Desain Kamar Tidur Minimalis Ukuran 3x3 Dekorasi Headboard | Gambar: Dzen.ru

Ingin kasih sentuhan pribadi di kamar agar lebih berkesan? Agar tidak terlalu ramai atau malah bikin ruang sempit, coba fokuskan ke salah satu pusat perhatian saja. Sebagai contohnya headboard atau area sekitar kepala ranjang. Kamu bisa bermain dengan banyak dekorasi. Seperti contohnya lukisan, stiker tembok, hingga poster.

Di contoh ini, bagian atas ranjang dihias dengan sebuah lukisan yang mirip dengan tema. Bagian kanan kiri pun diisi dengan nakas yang memiliki warna sesuai dengan tema, yakni oranye. Agar tidak berlebihan, tembok kiri kanan dibuat putih. Sehingga perhatian tertuju ke area headboard dan kamar tampak lebih tertata.

6. Desain Tema Atau Niche

Desain Kamar Tidur Minimalis Ukuran 3x3 Desain Tema Atau Niche | Gambar: Momsmoney.kontan.co.id
Desain Kamar Tidur Minimalis Ukuran 3x3 Desain Tema Atau Niche | Gambar: Momsmoney.kontan.co.id

Desain kamar tidur minimalis ukuran 3x3 dengan tema atau niche itu memang yang paling mudah digunakan. Tema minimalis bisa dipadukan dengan warna, kaidah, atau arti tertentu. Biasanya, yang paling sering digunakan adalah warna monochrome seperti hitam dan putih. Tapi kamu juga bisa lebih personal dengan menerapkan warna favorit lainnya.

Yang jadi kunci adalah pemilihan dan penyesuaian tema. Sebut saja kamu suka warna sederhana seperti hitam putih abu dengan tema industrial. Kamu bisa pasang furniture, interior, atau dekorasi satu tema. Seperti pakai lampu gantung, kursi duduk, meja lipat, hiasan tembok senada, serta warna selimut atau kasur serupa.

7. Kamar mezzanine Bed

Desain Kamar Tidur Minimalis Ukuran 3x3 Kamar Mezzanine Bed | Gambar: Id.aliexpress.com
Desain Kamar Tidur Minimalis Ukuran 3x3 Kamar Mezzanine Bed | Gambar: Id.aliexpress.com

Kalau ukuran kamar tidak lebar, tapi lebih tinggi coba pakai cara desain bunk bed atau ranjang tingkat yang bagian bawahnya multifungsi. Kalau memang ada biaya, bisa juga bikin lantai (mezanin) tambahan di kamar jadi bagian atas khusus untuk kasur. Sedangkan bagian bawah bisa jadi area tambahan untuk beberapa fungsi.

Contohnya seperti menggunakan bagian lantai bawah sebagai walk-in-closet. Sedangkan bagian atas adalah mezanin yang diisi kasur. Agar tidak tampak terlalu penuh, pilih warna cerah untuk interiornya. Begitu juga dengan pencahayaan ringan, jadi tidak terlalu terang dan bikin mata panas.

8. Interior minimalis lesehan

Desain Kamar Tidur Minimalis Ukuran 3x3 Interior Minimalis Lesehan | Gambar: Momsmoney.kontan.co.id
Desain Kamar Tidur Minimalis Interior Minimalis Lesehan | Gambar: Momsmoney.kontan.co.id

Kamar kecil biasanya identik dengan kost-an atau kontrakan. Kalau memang terbatas dalam berbagai aspek, kamu bisa coba desain kamar tidur minimalis ukuran 3x3 ini. Yakni pakai model lesehan menggunakan meja tidur kecil, karpet, dan kasur tanpa ranjang. Tujuannya adalah mengurangi kesan penuh dan juga terlalu banyak barang.

Apalagi yang dalam posisi menyewa. Karena menggunakan furnitur yang permanen akan sulit untuk dipindahkan. Disini, kamu bisa padukan warna kasur dan karpet. Kemudian pilih warna netral untuk tembok dan meja agar ruangan tampak cerah. Desain ini juga sederhana, tapi sangat mudah untuk dipindah dan dimodifikasi.

9. Kamar dengan jendela besar

Desain Kamar Tidur Minimalis Ukuran 3x3 Kamar dengan Jendela Besar
Desain Kamar Tidur Minimalis Kamar dengan Jendela Besar | Gambar: Windownesia.co.id

Kalau kamu punya jendela besar untuk desain kamar tidur minimalis ukuran 3x3, maka gunakan secara maksimal. Jendela besar bisa memberikan nuansa yang lebih terang dan juga adem. Kamu bisa maksimalkan dengan furnitur berwarna sederhana, seperti putih, coklat, atau hitam. Kamu juga bisa gunakan furnitur besar agar ruangan tampak maksimal dan nyaman.

Dengan kreativitas dalam pengaturan ruang dan perabotan yang efisien, desain kamar tidur minimalis ukuran 3x3 meter dapat menjadi ruang yang ideal bagi siapapun yang menginginkan kombinasi antara kenyamanan dan gaya dalam ruang tidur mereka. Supaya menghasilkan tampilan yang estetik, lengkapi kamar tidurmu dengan lemari pakaian, tempat penyimpanan serbaguna dan kursi plastik minimalis dari Olymplast.

Artikel Terkait