Share

Orang Tua Wajib Tahu! Inspirasi Kamar Mewah Anak Kecil yang Nyaman

Hariz Nur Rohmad • 20 Nov 2023

Desain kamar anak menjadi salah satu aspek penting dalam menciptakan lingkungan yang nyaman dan mendukung perkembangan kreativitas si kecil. Konsep desain kamar mewah untuk anak kecil dengan sentuhan modern yang dapat memberikan ruang pribadi yang istimewa dan memikat.

Desain Kamar Mewah Anak Kecil yang Modern

Dari tema karakter hingga nuansa petualangan, setiap desain dirancang untuk menciptakan atmosfer yang sesuai dengan minat dan kepribadian anak-anak, memberikan mereka tempat yang unik dan menyenangkan untuk berkembang.

1. Tema Karakter

Tema Karakter
Tema Karakter | Gambar: covetlighting.com

Desain kamar mewah anak kecil perempuan pertama yakni dengan tema karakter. Terlebih lagi, jika anak memiliki karakter favorit, kamu bisa menggunakannya sebagai inspirasi mendekorasi ruang tidurnya. Contohnya, karakter kelinci yang dapat dijadikan sebagai bentuk ranjang. Letakkan juga kursi kecil seperti stool dan meja belajar.

Tidak hanya bentuk, usahakan ranjang yang digunakan cukup nyaman untuk tidur. Untuk menambah identitas suatu ruangan, tambahkan plafon atau lampu box huruf dengan inisial nama anak. Lampu berbentuk awan dapat dipasang di langit-langit ruangan untuk mendukung suasana lelap si kecil.

2. Gaya Coastal

Gaya Coastal
Gaya Coastal | Gambar: homeandecoration.com

Gaya coastal juga pilihan yang menarik untuk desain kamar mewah anak. Gaya ini menerapkan beach vibes atau kesan pantai berkat warna, aksen dan elemen yang digunakan. Adapun warna yang digunakan yakni putih sebagai warna dasar dipadukan dengan warna terang lainnya.

Elemen dekorasi yang digunakan juga identik dengan pantai dan laut seperti rumah di pesisir pantai, bantalan bintang dan ombak. Selain itu, gaya coastal juga menerapkan jendela besar karena pantai dikenal akan area outdoor dengan cahaya matahari yang optimal. Pada siang hari, kamu bisa membuka jendelanya tanpa menyalakan lampu.

Konsep ini juga menampilkan furniture dan elemennya dengan sederhana dan rapi. Maka dari itu, anak akan terasa lebih nyaman saat bersantai di dalam ruangannya. Si kecil akan terasa seperti sedang berlibur di pantai setiap hari. Selain itu, desain ini juga mendukung imajinasi anak.

3. Aksen Flora

Aksen Flora
Aksen Flora | Gambar: modeneseinteriors.com

Selain gaya pantai, kamu juga bisa menerapkan aksen flora pada ruangan. Desain satu ini memiliki dua tempat tidur yang bersebelahan dan terpisah oleh meja kecil di tengahnya sehingga cocok bagi anak kembar. Di atas tempat tidur terdapat rak tampilan mainan yang tersusun rapi. Adapun warna dominasinya yakni hijau karena menggambarkan alam liar yang bebas.

Agar kesan flora terasa menonjol, gunakan kursi berbentuk kuda yang kecil dan letakkan dengan mejanya dekat dengan pintu tetapi tidak terlalu dekat. Ruangan ini juga didominasi dengan aksen kayu karena lebih menekankan pada flora yang tinggal di dalam hutan. Adapun kayunya digunakan pada rak, meja, kursi, tempat tidur, lantai dan pintu.

Baca Juga! 6 Rekomendasi Desain Kamar Tidur Minimalis Ukuran 3x3

4. Minimalis Bertema Kebun Binatang

Minimalis Bertema Kebun Binatang
Minimalis Bertema Kebun Binatang | Gambar: designedbywoulfe.com

Desain satu ini juga menerapkan berbagai jenis hewan tetapi lebih menekankan kebun binatang sebagai lokasi tempat tinggalnya. Hal ini karena dindingnya dihiasi dengan wallpaper yang menggambarkan berbagai hewan di pohon dan furniture yang menjual bahan makanan di pasar tradisional.

Tidak hanya itu, kamar ini juga menerapkan kesan naturalis karena menggunakan furniture meja dan kursi yang seperti terbuat dari bebatuan. Meja kecilnya pun dirancang seperti koper penjelajah yang kuno dan antik. Menariknya, tempat tidur ini tidak hanya bisa digunakan untuk tidur tetapi bisa digunakan sebagai sofa atau tempat duduk.

5. Dominasi Pastel

Dominasi Pastel
Dominasi Pastel | Gambar: rugsociety.eu

Desain kamar mewah anak kecil perempuan dengan dominasi warna pastel juga pilihan yang bagus. Dindingnya dihias oleh wallpaper abstrak berbagai warna pastel mulai dari ungu, abu-abu, pink hingga ungu dalam berbagai bentuk. Tidak hanya itu, rak displaynya juga memiliki perpaduan warna yang sama dengan bentuk abstrak.

Adapun raknya tersambung dengan tempat tidur yang berada di tengahnya sehingga seolah-olah membuat ranjangnya sebagai bagian elemen utama dalam ruangan. Lantai kayunya pun dilapisi oleh karpet dengan aksen kayu coklat terang. Untuk furniturenya, dekorasi ini menggunakan meja panjang dan rak yang bersandar pada dinding dengan warna yang selaras.

6. Nuansa Hangat untuk 2 Anak

Nuansa Hangat untuk 2 Anak
Nuansa Hangat untuk 2 Anak | Gambar: dailydesignews.com 

Jika kamu memiliki hunian dengan ruang yang terbatas, tidak perlu khawatir lagi akan penataan kamar tidur anak. Dengan pengaturan tepat dan pemilihan furniture minimalis, semua masalah akan teratasi. Salah satunya yakni penggunaan satu kamar untuk dua anak sekaligus dengan memanfaatkan dua ranjang.

Warna coklat bisa dimanfaatkan sebagai warna dasar karena mampu menghasilkan nuansa yang nyaman pada desain kamar mewah anak kecil laki-laki. Kamu bisa menghadirkan kesan unik ini pada dinding, lantai, gorden dan tempat tidur. Tambahkan juga boneka karakter untuk menambah kesan hidup pada ruangan.

7. Tema Petualangan

Tema Petualangan
Tema Petualangan | Gambar: covetedition.com

Jika anak suka hal-hal berbau menjelajah, desain kamar mewah anak kecil laki-laki ini cocok diterapkan. Bahkan, kamu bisa memanfaatkan tempat tidur dengan desain pesawat terbang agar si kecil merasa seperti sedang mengendarainya dan terbang. Tambahkan juga lampu awan untuk mendukung imajinasi anak.

Rak yang digunakan pun cukup unik karena menerapkan susunan koper yang terbuka. Kamu bisa menyusun furniture minimalis berupa globe, boneka unicorn dan buku bacaan. Untuk mengisi dinding yang kosong, kamu bisa memajang beberapa pigura potong dan menyusunnya dengan rapi. Bisa dikatakan bahwa warna dasar yang digunakan yakni coklat dan warna biru sebagai tambahan.

Dengan begitu banyak opsi desain yang menarik, menciptakan kamar mewah untuk anak kecil bukan hanya tentang estetika, tetapi juga menciptakan lingkungan yang merangsang imajinasi dan memberikan kenyamanan. Pilihlah furniture tempat penyimpanan serbaguna, lemari pakaian, kursi meja belajar anak dari Olymplast. Dengan sentuhan tema yang kreatif dan modern, desain kamar mewah anak kecil dapat menjadi tempat yang menyenangkan dan inspiratif untuk mereka explorasi setiap hari.

#Inspirasi #Inspirasi #Kamar Anak Minimalis #Kamar Anak Minimalis #Kamar Mewah #Kamar Mewah
Artikel Terkait