Share

Desain Mini Bar Dapur Minimalis untuk Rumah Luas Terbatas

Bagas Pambudiantono • 31 Jan 2024

Dalam dunia desain interior, menciptakan mini bar dapur minimalis untuk rumah dengan lahan terbatas merupakan tantangan yang menarik. Dalam pembahasan kali ini akan memberikan berbagai desain mini bar dapur yang cocok untuk rumah dengan ruang terbatas, dari konsep rustic yang memberikan sentuhan tradisional namun tetap modern, hingga desain mini bar yang memanfaatkan sudut ruangan untuk menciptakan ruang yang unik dan fungsional.

Pilihan Mini Bar Dapur Minimalis

Konsep mini bar dapur tidak hanya berfungsi sebagai tempat memasak, tetapi juga sebagai area sosial di dalam rumah. Desain-desain seperti mini dapur konsep rustic, nuansa alam, atau mini dapur space saving memberikan inspirasi bagi kamu yang ingin memaksimalkan penggunaan ruang dengan tetap menjaga estetika dan fungsionalitas. Dengan ide-ide kreatif ini, rumah dengan lahan terbatas dapat memiliki dapur minimalis yang cantik, nyaman, dan efisien.

Mini Dapur Konsep Rustic

Mini Dapur Konsep Rustic
Mini Dapur Konsep Rustic | Gambar: Homestratosphere.com

Desain rustic merupakan desain yang paling sering dijumpai pada dapur-dapur anak muda yang lebih menyukai nuansa kasual, natural, tapi tetap ingin terlihat modern. Pada Mini Bar Dapur Minimalis dengan konsep Rustic, rak yang dibuat akan terkesan tradisional, tapi tidak akan membuatnya menjadi kuno. Hal ini karena banyak sentuhan-sentuhan modern pada aksennya.

Penggunaan konsep Rustic ini sangat cocok dalam mini bar karena selain untuk membuat ruangan lebih terasa luas, juga digunakan sebagai konsep sederhana yang tetap mengusung keeleganan yang modern. Furnitur pada konsep ini juga dapat menjadi lebih menarik, ketika kamu bisa menyesuaikan antara konsep Rustic dengan warna-warna dari furniture tambahan itu sendiri.

Mini Dapur  Minimalis Full Putih

Mini Dapur  Minimalis Full Putih
Mini Dapur  Minimalis Full Putih | Gambar: Homify.in

Meskipun berkonsep Mini Bar Dapur Minimalis, konsep yang digunakan tetap harus cantik dan trendy. Para konsep dapur minimalis namun tetap trendi ini kombinasi warna yang digunakan harus padu dan tidak mencolok. Bangunan pada rumahmu sangat mempengaruhi pembuatan mini bar yang lebih trendy. Hal ini disebabkan ketika dapur ditempatkan di sudut yang gelap tanpa adanya pencahayaan dari luar, maka tidak cocok untuk dibuat pada konsep trendy.

Mini Bar pada dapur minimalis memang menjadi idaman semua orang, apalagi jika menggunakan konsep trendy. Konsep ini mengusung tema soft seperti beige. Penggunaan warna netral sengaja dibuat pada konsep ini karena dilengkapi furniture dan pencahayaan yang bagus, sehingga ketika berada di dapur kamu akan merasakan kenikmatan tersendiri.

Mini Dapur Monokrom Elegan

Mini Dapur Monokrom Elegan
Mini Dapur Monokrom Elegan | Gambar: Qanvast.com

Berada di rumah yang tidak memiliki berbagai warna mencolok adalah sebuah ketenangan tersendiri. Pada Mini Bar Dapur Minimalis yang menggunakan konsep monokrom, maka cat yang digunakan hanya seputar hitam, abu-abu, ataupun putih. Saat dapur di desain monokrom, perabotan yang paling cocok untuk digunakan yaitu berbahan granit maupun marmer.

Pada konsep ini kamu wajib menggunakan warna-warna yang lebih berani seperti hitam dengan putih, abu-abu dengan putih, atau hitam dengan abu. Monokrom menjadi pilihan yang paling sederhana dan anti ribet. Pada konsep ini juga kamu bisa memberikan motif dan tekstur yang membuat dapur tidak membosankan. Untuk furniture juga membutuhkan penyesuaian, seperti sentuhan tekstur keranjang rotan dan motif kayu.

Mini Dapur Simple Vintage

Mini Dapur Simple Vintage
Mini Dapur Simple Vintage | Gambar: Thespruce.com

Vintage adalah konsep old, but not too old! Kebanyakan pada konsep ini menggunakan cat dengan warna yang lebih kontras tapi tetap nyambung. Part paling penting dari konsep vintage adalah furnitur, seperti lampu yang berbentuk simple dan cenderung dibuat lebih monoton pada setiap rak barang.

Pada kursi dan meja yang dibuat untuk Mini Bar Dapur Minimalis konsep vintage, akan tidak kalah mencoloknya dari furnitur lain. Bentuk dari furnitur-furnitur pendukung sengaja dijadikan lebih tua, sehingga sensasi yang dirasakan akan lebih muncul dan lebih mengena. Warna dominannya dari konsep ini adalah mocca dan hitam.

Baca Juga! 7 Inspirasi Desain Dapur Minimalis Modern Mewah Nan Elegan

Mini Dapur Nuansa Alam

Mini Dapur Semi Industrial
Mini Dapur Semi Industrial | Gambar: Thespruce.com

Mini Bar Dapur Minimalis dengan nuansa alam adalah konsep yang paling diidam-idamkan oleh anak muda. Kombinasi yang dibuat untuk menimbulkan nuansa alam ini seperti beberapa tanaman hias yang melengkapi furniture di meja, ataupun dapur dengan view taman belakang rumahmu.

Pada konsep ini furniture yang digunakan bisa sangat modern bahkan smart. Hal ini karena mendukung dengan view dan bentuk dari mini bar yang akan kamu buat. Jangan lupa sinar matahari yang masuk, akan menjadikan dapur minimalismu lebih terasa nuansa alaminya. Cat warna yang cocok untuk konsep ini adalah putih, abu, dan cream.

Mini Dapur Semi Industrial

Mini Dapur Nuansa Alam | Gambar: Homebyhitcheed.com
Mini Dapur Nuansa Alam | Gambar: Homebyhitcheed.com

Mini Bar Dapur Minimalis dengan desain industrial ini merupakan pilihan yang sangat menarik bagi keluarga muda yang menyukai daya tarik unfinish. Desain ini tidak kalah elegan dan mewah, apalagi jika dipadukan dengan furniture yang berwarna abu maupun silver.

Pada mini bar dengan desain industrial, kamu bisa menerapkan detail-detail minimalis dari pemilihan warnanya. Agar terlihat lebih kuat dari desain ini, tambahkan beberapa tanaman hias pada area bar atau di titik-titik tertentu yang menurutmu pas.

Mini Dapur Space Saving

Mini Dapur Space Saving
Mini Dapur Space Saving | Gambar: Catesthill.com

Akhir-akhir ini banyak Mini Bar Dapur Minimalis yang memanfaatkan sudut ruangan, khususnya bagi kamu yang memiliki keterbatasan ruang. Desain mini bar seperti ini juga sebenarnya lebih fleksibel dan unik saat dipandang.

Pada pemilihan warnanya, desain ini lebih cocok menggunakan warna yg lebih mencolok dari warna ruangan lainnya, misal ruangan lainnya berwarna putih, maka kamu bisa menggunakan warna coklat untuk dapur minimalismu. Hal ini dibuat untuk memperjelas bahwa terdapat area dapur di pojok ruangan.

Mini Dapur Lebar Clean

Mini Dapur Lebar Clean
Mini Dapur Lebar Clean | Gambar: Thespruce.com

Desain Mini Bar Dapur Minimalis yang paling unik dan bisa dijadikan sebagai referensi paling cantik yaitu desain playful. Desain ini memainkan beragam furniture yang memperkuat look dari mini barmu. Mulai dari lampu, vas, lukisan, alat dapur, dan furniture lainnya yang unik.

Pada desain ini kamu bisa membuat dapurmu lebih fun dan nyaman. Suasana dapur dengan desain seperti ini menjadikannya lebih terasa hidup dan tidak seperti dapur pada umumnya yg membosankan. Pemilihan alat-alat dapur juga sangat mempengaruhi desain ini, karena meski terkesan ramai, alat dapur dengan beragam bentuk membuat nuansa yang ditimbulkan berbeda.

Ukuran Mini Bar

Memiliki Mini Bar Dapur Minimalis pastinya menjadi sebuah keinginan yang sangat ingin diwujudkan. Kabar baiknya, mini bar tidak membutuhkan ruangan yang luas dan membuat sempit rumahmu. Ukuran yang paling ideal dalam membuat mini bar di dapur ini yaitu kurang lebih sekitar 110 hingga 115 cm, dengan lebar yang dibutuhkan sekitar 30 hingga 50 cm.

Mini bar yang nyaman adalah yang sesuai dengan tinggi badanmu beserta keluarga. Meskipun ideal yang paling cocok sekitar 95 hingga 120 cm, tapi patokan yang paling pas adalah dirimu sendiri. Sedangkan kursi bar yang tidak membuat lelah dan betah duduk berlama-lama yaitu sekitar 75 hingga 80 cm.

Desain mini bar dapur minimalis memang membuktikan bahwa ruang terbatas bukanlah hambatan untuk menciptakan tata ruang yang menarik dan fungsional. Dari konsep rustic hingga desain clean dan playful, setiap mini bar dapur memiliki daya tariknya sendiri. Semua ini dapat menjadi inspirasi bagi kamu, lengkapi juga dapurmu dengan rak penyimpanan piring dan bumbu dapur dari Olymplast.

#Dapur Minimalis #Dekorasi Dapur #Desain Dapur #Mini Bar Dapur
Artikel Terkait