Share

8 Dekorasi Desain Ruang Belajar Anak yang Bikin Tambah Semangat

Bagas Pambudiantono • 11 Dec 2023

Dalam menciptakan lingkungan belajar yang optimal bagi anak, desain ruang belajar memegang peran penting dalam membangun suasana yang nyaman dan menyenangkan. Berbagai gaya dekorasi dapat menjadi sumber inspirasi untuk menciptakan ruang belajar anak yang kece dan menarik.

Ide Dekorasi Ruang Belajar untuk Anak yang Super Nyaman

Dari gaya kontemporer hingga yang bergaya Japandi, setiap pilihan desain memiliki keunikannya sendiri. Simaklah ide-ide dekorasi berikut yang tidak hanya estetis, tetapi juga dapat meningkatkan semangat belajar anak.

1. Gaya Kontemporer

Gaya Kontemporer
Gaya Kontemporer | Gambar: Livspace.com

Ruangan dengan gaya kontemporer menjadi pilihan pertama yang sangat unik. Kamu bisa memilih menggunakan cat tembok bernuansa netral dengan intensitas cahaya matahari yang pas. Tambahkan juga beberapa furniture dengan bahan alami seperti kayu dan batu alam. Desain kontemporer ini umumnya sangat simple dan mengutamakan nilai fungsionalnya.

Kamu juga bisa memilih menambahkan aksesoris seperti lukisan pada dinding ruangan. Jangan lupa untuk memanfaatkan cahaya alami pada ruangan yang berukuran minimalis demi kenyamanan belajar anak. Membangun ruang belajar yang nyaman bagi anak tentunya akan mempengaruhi semangat belajarnya. Oleh karena itu, pertimbangkan pemilihan desain ruangan dengan baik dan benar.

2. Gaya Minimalis

Gaya Minimalis
Gaya Minimalis | Gambar: Livspace.com

Rumah dengan desain minimalis yang rapi dan bersih tentunya menjadi impian banyak orang. Pemilihan warna cat yang menyejukan tentunya akan menambah kesan kenyamanan dan menyenangkan. Kamar belajar anak dengan desain minimalis tentunya bisa juga dijadikan sebagai referensi terbaiknya. Lalu apa saja yang perlu dipersiapkan?

Kamu hanya perlu menambahkan penggunaan furniture minimalis dan menyediakan ruangan yang dipenuhi dengan buku dan beberapa mainan atau karakter favorit anak. Rumah minimalis yang bersih dan rapi dengan warna cat yang sejuk akan memberikan kesan nyaman dan menyenangkan.

3. Bergaya Mewah

Bergaya Mewah
Bergaya Mewah | Gambar: Livspace.com

Desain ruang belajar anak yang tidak kalah menarik yaitu bergaya mewah. Jika ukuran dari ruang belajar anak ini luas maka Kamu bisa menciptakan suasana belajar yang sangat nyaman. Salah satu inspirasi yang menarik untuk dicoba yaitu dengan menerapkan desain kemewahan klasik.

Pemilihan warna warna lembut bisa dijadikan pilihan untuk menambahkan kesan luas pada ruangan. Dapat dipastikan bahwa anak akan bisa belajar dengan sangat aman dan nyaman

Baca Juga! 8 Inspirasi Tema Dekorasi Kamar Anak Cowok Cewek Menarik

4. Gaya Industrial

Gaya Industrial
Gaya Industrial | Gambar: Livspace.com

Jenis desain yang satu ini akan bisa memberikan kesan kenyamanan bagi anak. Salah satu ciri dari gaya ruangan industrial ini yaitu memaksimalkan penggunaan warna warna monokrom sehingga memberikan kesan ketenangan. Jenis ruangan yang satu ini tentunya menjadi salah satu desain ruang belajar anak yang direkomendasikan.

Desain yang satu ini memang lebih sering digunakan untuk cafe-cafe. Kamu bisa menambahkan beberapa furniture hiasan untuk menghidupkan suasana ruangan. Penggunaan furniture minimalis menjadi salah satu salah satu pilihan yang tepat. Apakah Kamu tertarik untuk membuatkan anak ruang belajar bergaya industrial ini?

5. Gaya Japandi Modern

Gaya Japandi Modern
Gaya Japandi Modern | Gambar: Livspace.com

Desain ruangan yang sedang trend saat ini yaitu penggunaan dekorasi bergaya Japandi. Dekor ini sangat unik dengan dikelilingi dinding putih dengan meja yang sedikit lebih lebar. Desain kamar belajar yang satu ini bisa dikatakan mirip dengan ruang belajar. Namun untuk menghindari kesan yang membosankan, Kamu bisa menambahkan sedikit sentuhan modern.

Beberapa tanaman dan juga lukisan bisa ditambahkan untuk memberikan kesan ruangan yang menyegarkan. Kamu juga bisa menambahkan beberapa furniture lainnya untuk mempercantik ruangan.

6. Gaya Modern

Gaya Modern
Gaya Modern | Gambar: Livspace.com

Selanjutnya, Kamu bisa memilih menggunakan desain ruangan modern untuk belajar anak. Desain ruangan modern tentunya akan memberikan kesan yang tidak monoton dan membosankan. Anak akan lebih mudah menyelesaikan pekerjaan rumah dan mendapatkan inspirasi karena dekorasi ruangan yang sangat nyaman dan juga bersih.

Penggunaan furniture yang minimalis juga bisa diterapkan untuk bisa memberikan kesan ruangan yang lebih luas. Berikan rak penyimpanan dengan jumlah yang lebih banyak agar ruangan bisa lebih rapi dan menyenangkan. Pemilihan furniture yang tepat juga perlu dipertimbangkan dengan baik demi menciptakan kesan ruangan yang menyenangkan.

7. Gaya Skandinavia

Gaya Skandinavia
Gaya Skandinavia | Gambar: Livspace.com

Desain skandinavia tentunya tidak hanya bisa digunakan untuk ruang tamu saja. Kamu bisa membuat desain ruang belajar anak bergaya skandinavia ini. Elemen yang terpenting untuk bagian desain interiornya tentu dengan menggunakan furniture berbahan kayu dengan dominasi cat berwarna putih. Pemaksimalan masuknya cahaya juga perlu diperhatikan dengan baik.

Tekstur garis garis yang bersih menjadi salah satu ciri desain ruangan skandinavia ini. Kamu juga bisa menambahkan sedikit tanaman hias pada ruangan dan juga beberapa aksen sederhana. Taman tersebut akan mendukung dekorasi ruangan sehingga terkesan lebih sejuk dan menyegarkan. Hal ini juga akan membantu anak untuk lebih mudah mendapatkan inspirasi

8. Ruang Belajar Perempuan

Ruang Belajar Perempuan
Ruang Belajar Perempuan | Gambar: Livspace.com

Pemilihan warna warna pastel pada dekorasi ruang belajar anak memang sedang banyak diminati saat ini. penggunaan desain ruang belajar dengan nuansa menangkan ini tentunya akan sangat menarik untuk anak. Suasananya yang menenangkan membuat anak bisa belajar dengan nyaman dan tidak terganggu dengan warna warna yang terlalu mencolok.

Memadukan warna pastel tentunya membantu menciptakan kesan ruangan menjadi lebih menyenangkan. Untuk desain yang satu ini lebih cocok diterapkan pada anak perempuan. Desain ruangan ini terkesan sangat anggun dan feminim. Dijamin setiap anak perempuan pasti akan merasa bahagia ketika memiliki ruang belajar yang super lucu dan juga kece ini!

Membangun ruang belajar anak yang kece dan menyenangkan tidak hanya menciptakan lingkungan belajar yang optimal, tetapi juga memicu semangat anak dalam mengeksplorasi ilmu. Dengan berbagai inspirasi di atas, kamu dapat melengkapi furnitur seperti meja belajar anak, tempat penyimpanan buku dan kursi plastik dari Olymplast. Belajar semakin menyenangkan!

#Desain Ruang Belajar #Desain Ruang Belajar #Inspirasi Ruang Belajar #Inspirasi Ruang Belajar #Ruang Belajar Minimalist #Ruang Belajar Minimalist #Ruang Belajar skandanavian #Ruang Belajar skandanavian
Artikel Terkait