Share

Ciptakan Lingkungan Sehat dengan Produk Sustainable

Hariz Nur Rohmad • 16 Oct 2023

Dalam era saat ini, ketika kepedulian terhadap lingkungan semakin meningkat dan kekhawatiran tentang pemanasan global semakin mendalam. Sampah plastik yang semakin meluas dan sulit terurai mengancam ekosistem bumi. Namun, di tengah kegelisahan ini, ada sebuah inovasi untuk menciptakan produk berkelanjutan yang bisa menjadi titik terang dari masalah sampah plastik.

Konsep produk sustainable kini juga bisa diterapkan ke industri perabotan rumah tangga/furnitur, dengan fokus pada barang-barang plastik yang lebih ramah lingkungan. Olymplast menciptakan inovasi furniture ramah lingkungan dari sampah plastik. Langkah ini bertujuan untuk memperbaiki kondisi alam dan lingkungan yang semakin terancam.

Olymplast melihat peluang ini sebagai cara untuk menghasilkan produk furniture yang berkelanjutan dan ramah lingkungan. Kami berharap bahwa masyarakat akan mulai mengubah pola hidup mereka untuk lebih mencintai alam, sehingga dapat mendukung keberlangsungan hidup yang lebih baik.

Negara Indonesia, tidak hanya sebagai negara dengan keindahan alam yang luar biasa, juga menjadi salah satu negara yang memiliki banyak penggemar furniture ramah lingkungan. Kini, penggunaan furniture ramah lingkungan tidak hanya berkaitan dengan pelestarian lingkungan, tetapi juga menjadi tren positif.

Apa Itu Produk Sustainable

lemari plastik olymplast ssoc series
Lemari Pakaian Plastik SSOC Wood

Produk sustainable adalah produk yang diproduksi dengan memperhatikan aspek lingkungan dan sosial. Produk ini dirancang untuk menciptakan dampak positif dan berkelanjutan bagi lingkungan serta masyarakat. Konsep sustainable atau berkelanjutan mengacu pada keberlanjutan ekonomi, lingkungan, dan sosial. Dalam produksi produk sustainable, Olymplast mempertimbangkan siklus hidup produk mulai dari bahan baku hingga akhir kehidupan produk tersebut.

Produk sustainable memperhatikan beberapa aspek penting dalam proses produksinya. Pertama, pemilihan bahan baku yang ramah lingkungan. Bahan baku yang digunakan haruslah daur ulang untuk mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan. Selanjutnya, produk sustainable juga memperhatikan proses produksi yang efisien.

Konsep sustainable juga melibatkan aspek sosial. Perusahaan yang memproduksi produk sustainable memiliki tanggung jawab sosial dan mendukung komunitas sekitarnya. Mereka memberdayakan komunitas dan masyarakat setempat dan memberikan pelatihan. Tujuan utama dari penggunaan produk sustainable adalah menciptakan dunia yang lebih baik dengan mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan dan masyarakat. Dalam jangka panjang, produk sustainable dapat membantu mengurangi polusi, deforestasi, dan degradasi tanah.

Manfaat Pakai Produk Sustainable

ssoc marble lemari pakaian daur ulang plastik
Lemari Pakaian Plastik SSOC Marble

Produk ini dirancang untuk menciptakan dampak positif dan berkelanjutan bagi lingkungan. Setiap tahunnya, semakin banyak konsumen yang sadar akan pentingnya menggunakan produk sustainable

1. Melindungi Lingkungan Secara Langsung

Salah satu manfaat utama menggunakan produk sustainable adalah membantu melindungi lingkungan secara langsung. Penggunaan produk sustainable membantu mengurangi dampak negatif pada lingkungan seperti polusi, deforestasi, dan degradasi tanah. Perusahaan yang memproduksi produk sustainable melakukan upaya untuk mengurangi emisi karbon, menggunakan bahan baku daur ulang/sampah, dan meminimalisir limbah yang dihasilkan.

2. Mengurangi Polusi dan Emisi Karbon

Produk sustainable juga membantu mengurangi polusi dan emisi karbon yang dihasilkan selama siklus hidupnya. Banyak perusahaan yang mengadopsi metode produksi yang ramah lingkungan dan menggunakan energi terbarukan untuk menghasilkan produknya. Selain itu, beberapa produk sustainable juga dibuat dengan menggunakan bahan daur ulang yang dapat mengurangi jumlah limbah dalam lingkungan. Dengan memilih produk sustainable, kamu ikut berperan dalam mengurangi dampak negatif terhadap kualitas udara dan mengurangi tingkat emisi gas rumah kaca.

3. Upaya Penanggulangan Perubahan Iklim

Dalam beberapa tahun terakhir, peningkatan suhu global menjadi salah satu isu terbesar yang dihadapi masyarakat. Menggunakan produk sustainable merupakan kontribusi nyata dalam upaya penanggulangan perubahan iklim. Produk sustainable telah dirancang untuk mengurangi emisi karbon, menghemat penggunaan energi, dan meminimalisir dampak negatif terhadap ekosistem alam. Dengan menggunakan produk sustainable, kita turut berperan dalam mengurangi penggunaan sumber daya alam yang berlebihan dan membantu menjaga kelestarian lingkungan bagi generasi mendatang.

Dampak Positif terhadap Lingkungan

Lemari Pakaian Plastik SSOC Fabric
Lemari Pakaian Plastik SSOC Fabric

Setiap perubahan menuju lebih baik tentu memiliki dampak positif, seperti menggunakan produk sustainable pasti akan memiliki dampak positif terhadap lingkungan

1. Mengurangi Sampah Plastik

Dengan menggunakan bahan sampah plastik sebagai bahan baku untuk furniture, jumlah sampah plastik yang dihasilkan akan berkurang. Hal ini akan membantu mengurangi dampak negatif sampah plastik terhadap lingkungan, seperti berkumpulnya sampah di area laut dan polusi plastik.

2. Memotivasi Daur Ulang

Dengan menggunakan sampah plastik jenis PP sebagai bahan baku untuk furniture, hal ini dapat memotivasi masyarakat untuk lebih aktif dalam melakukan daur ulang sampah plastik. Daur ulang yang lebih banyak akan membantu mengurangi jumlah sampah plastik yang akhirnya berakhir di tempat pembuangan akhir atau di alam.

3. Mendorong Inovasi Ramah Lingkungan

Penggunaan bahan sampah plastik untuk furniture dapat mendorong inovasi dalam pengolahan sampah plastik dan menggunakan teknologi ramah lingkungan. Hal ini akan membantu mempercepat pengembangan teknologi dan solusi untuk mengatasi masalah sampah plastik dan menjaga lingkungan tetap bersih dan sehat.

Kita memiliki tanggung jawab untuk menjaga lingkungan tetap sehat dan lestari. Salah satu langkah yang dapat kita ambil adalah dengan menggunakan produk-produk sustainable. Dengan memilih produk berkelanjutan, dapat mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan, seperti polusi dan deforestasi. Selain itu, juga dapat mendukung produsen yang peduli terhadap lingkungan dan mendorong perubahan positif dalam industri. Yuk, cek produk sustainable dari Olymplast.

#8etterLife #Event #Lingkungan #Produk Sustainable
Artikel Terkait